Rabu, 06 Agustus 2014

MENGENAL LEBIH DEKAT KESULTANAN KUTAI



MENGENAL LEBIH DEKAT KESULTANAN KUTAI


Kesultanan Kutai ing Martadipura dengan Sultan pertama Aji Batara Agung Dewa Sakti yang memerintah pada periode tahun (1.300 – 1.325 M)menunjukan bahwa Kesultanan Kutai ini merupakan sebuah Kerajaan tua yang telah berkuasa di sebagian wilayah Nusantara ini.


A.M.Alimudin yang merupakan Sultan ke-18 yang bertahta pada periode tahun (1899 – 1910).

Memberikan gambaran, bahwa Kesultanan Kutai ini sejak mulai berdirinya pada tahun (1.300 M) hingga pada saat sebagian besar wilayah Nusantara dikuasai dan dijajah Belanda, tetap eksis dan menguasai wilayahnya, bahkan hingga berdirinya Republik Indonesia.  Dimana, baru kemudian Kesultanan Kutai menjadi bagian dari wilayah NKRI.


Sebagai perbandingan, di wilayah utara Kalimantan Timur terdapat Kesultanan Bulungan dengan Sultan Wira Amirul sebagai Sultan pertama yang memerintah pada periode tahun (1.731 – 1.777) atau Kerajaan Sandurangas yang berada di wilayah selatan Kalimantan Timur dengan Raja Aji Pati Indra yang memerintah pada periode tahun (1.600 – 1.624 M).  Sehingga sangat jelas bahwa Kesultanan Kutai ini telah berdiri jauh (300 – 400) tahun sebelum kesultanan lainnya berdiri di wilayah Kalimantan Timur ini.
 

Beberapa bukti kebesaran Kesultanan Kutai ini tetap terjaga dan dapat dikunjungi serta dipelajari generasi muda khususnya, umumnya masyarakat luas yang ingin mengenal lebih dekat sebagian perjalanan bangsa ini, seperti singgasana kesultanan, mahkota kebesaran, ruang/kamar tidur, dsb.



Bukti sejarah lainnya yang masih terawat dengan baik adalah komplek pemakaman para Sultan dan keluarganya yang dibuat dalam sebuah bangunan


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar