Sabtu, 20 April 2013

Tarakan Kota Transit


Kota yang berbentuk pulau ini merupakan kota transit sekaligus sebagai Hub bagi perhubungan dan lalulintas orang dan barang menuju wilayah di sekitarnya, seperti menuju; Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Bulungan.

Pergerakan dan kelancaran transportasi di wilayah utara Kalimantan Timur ini nyaris ditentukan oleh kelancaran dan ketersediaan sarana di kota Tarakan ini, manakala terjadi gangguan atas fasilitas transportasi di kota ini, maka akan sangat memberikan gangguan bagi wilayah di sekitarnya.  Betapa tidak, nyaris seluruh perjalanan baik menggunakan moda transportasi udara ataupun laut akan melalui dan berganti moda transportasi di kota ini.

Untuk itu sudah selayaknya sarana transportasi penghubung kepentingan sebagian besar warga di wilayah utara Kaltim ini mendapat perhatian penyelenggara negara baik di pemerintah kota ataupun pemerintah provinsi dan tentunya pemerintah pusat.


Di kota ini, terdapat bandara Juwata yang melayani penerbangan domestik dan lintas batas negara dan pelabuhan Malundung yang juga melayani pelayaran antar pulau serta pelayaran Tarakan menuju Tawao Malaysia. Kemudian terdapat pula pelabuhan feri Juata Laut yang menghubungkan Tarakan dengan beberapa kota di Sulawesi serta pelabuhan Tengkayu yang merupakan pelabuhan cukup sibuk melayani pelayaran mulai pkl 7 pagi hingga pkl 17 sore hari dengan berbagai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar