Sabtu, 20 April 2013

Pasak Bumi Kalimantan





Di Kalimantan Timur, pasak bumi  yang  memiliki nama botani atau  nama latin Eurycoma longifolia, tumbuh dan mudah ditemukan di berbagai kawasan hutan di pedalaman Kalimantan, demikian juga di pedalaman Kalimantan Timur yang juga telah dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan sebagai jenis tanaman yang memiliki bemacam  khasiat.

Klasifikasi pasak  bumi menurut Cronquist (1981)
Divisio            : Magnoliophyta
Class              : Magnoliopsida
Sub Class      : Rosidae
Ordo              : Sapindales
Famili             : Simaroubaceae
Genus            : Eurycoma
Species          : Eurycoma longifolia Jack 


Banyak para peneliti yang tertarik dengan kandungan serta manfaat yang dimiliki tanaman pasak bumi ini.  Untuk itu, kandungan Pasak Bumi  telah banyak diteliti secara ilmiah yang mana menunjukkan terdapat berbagai khasiat yang ada didalamnya baik pada bagian batang, akar ataupun daun pasak bumi.

Tumbuhan pasak bumi ternyata memiliki kandungan senyawa turunan alkaloid, saponin, tanin, dan lainnya yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. 

Pasak Bumi mengandung ekstrak yang disebut dengan ethanolic yang mempunyai fungsi dalam memperbanyak  jumlah hormon testosteron pada pria. Tanaman Pasak Bumi juga mengandung strichnin dan brusin yang sangat berkhasiat untuk menambah vitalitas pria karena memiliki sifat afrodisiak. Sehingga sudah cukup dikenal sebagai herbal tanaman yang dapat memberikan manfaat pada vitalitas laki-laki.

Pasak bumi merupakan jenis tumbuhan perdu atau pohon kecil yang tingginya dapat mencapai 20 m. Daun pasak bumi berbentuk lanset dengan tepi rata,   daun majemuk menyirip ganjil dengan anak daun yang mengumpul pada ujung ranting.

Di beberapa tempat di Samarinda dan Balikpapan yang menyediakan berbagai souvenir khas Kalimantan Timur, biasanya juga menyediakan gelas minum berbahan akar pasak bumi dengan berbagai ukuran.  Bagi para peminat atas khasiat dan manfaat pasak bumi yang kebetulan berkunjung di Samarinda atau Balikpapan bisa mencari dan mencobanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar