Jumat, 08 Maret 2013

Kehidupan di Tepi Laut (2)



Kehidupan di Tepi Laut (2)


Selain banyak pulau-pulau kecil yang terpencil dan membatasi ruang perjalanan para warga penghuninya, namun terdapat pula pulau yang berperan sebagai tempat transit dan penghubung bagi berbagai aktivitas warga pulau-pulau di sekitarnya.  

 Pulau yang memiliki lokasi strategis seperti ini memberikan manfaat besar bagi warganya sebagai penentu mata rantai ekonomi bagi warga di beberapa pulau tetangganya.  Pemukiman mereka khas menjorok ke tengah laut guna memudahkan alur transportasi yang memang menggunakan kendaraan air sebagai kendaraan penghubung.

Bangunan berjejer di atas air yang umumnya kelihatan nampak sederhana, namun sebetulnya di tempat yang menjadi pusat penghubung ini bergerak roda ekonomi masyarakat yang bernilai milyaran setiap bulannya.

Bagaimana transaksi warga bisa demikian besar, dikarenakan melalui pusat-pusat jalur penghubung ini terjadi transaksi pemenuhan segala keperluan, mulai sembako, penampungan ikan, udang, kepiting dan segala keperluan yang terkait dengan aktivitas tambak berupa pakan ikan, benih udang, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar